Selasa, 14 Desember 2010

RESPONSIBILITAS VS AKUNTABILITAS

RESPONSIBILITAS
VS
AKUNTABILITAS
Responsibilitas (tanggung jawab) adalah tanggung jawab perawat terhadap tugas-tugasnya yang berhubungan dengan peran perawat kepada pasien.
Contoh: Saat memberikan obat,perawat tanggung jawab
Untuk mengkaji kebutuhan pasien dalam
memberikan dengan aman dan benar agar tidak
Terjadi kesalahan.

Akuntabilitas ( tanggung gugat) adalah dapat
menjawab segala hal hal yang berhubungan
dengan tindakan seseorang,maksudnya
bertanggung terhadap diri
sendiri,pasien,dan pekerjaan.
Contoh: Jika memberi dosis obat yang salah kepada pasien,perawat tersebut dapat digugat oleh pasien yang menerima obat oleh dokter yang memberikan tugas delegatif dan oleh masyarakat yang menuntut kemampuan profesionalnya.agar dapat bertanggung gugat,perawat harus bertindak profesional serta berdasarkan kode etik profisional.dengan demikian jika terjadi suatu kesalahan atau penyimpangan perawat dapat segera melaporkannya atau melakukan perawatan untuk mencegah cedera lebih lanjut akuntabilitas dilakukan untuk mengefaluasi aktifitas perawat dalam melakukan praktek keperawatan.




Kode etik organisasi profesi keperawatan
1.Perawat selalu menjunjung tinggi nama baik profesi,perawat dengan menunjukan tingkah laku dan kepribadian yang luhur
2.Perawat senantiasa berperan dalam menentukan pembakuan pendidikan atau pelayanan perawatan serta menerapkannya dalam kegiatan pelayaan dan pendikan perawatan.

Tanggung jawab perawat terhadap pembangunan bangsa dan tanah air
1.Perawat senantiasa melaksanakan ketentuan sebagai kebijaksanaan yang digariskan oleh pembangunan dalam bidang kesehatan dan keperawatan


KESIMPULAN
Seorang perawat harus bertanggung jawab dan bertanggung gugat, bertanggung jawab berdasarkan profesinya. Misalnya bertanggung jawab pada pasien, masyarakat, sesama karyawan. Bertanggung gugat pada pasien apabila terjadi suatu kesalahan atau penyimpangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar